Selasa, 23 September 2014

Piket Pertama; Pengalaman Pertama di tempat PPL



 foto: bapak ibu guru PPL

PPL – Pengalaman pun semakin hari semakin bertambah, dan masa observasi semakin menarik bagi saya. Dengan diberikan amanah awal dan ditugaskan untuk piket suka rela pada minggu awal kami. Bangun lebih pagi sudah bisa bagi saya, yang belum terbiasa itu mandi pagi hari, karena di tugas dan diberi amanah untuk piket akhirnya saya mandi pagi yakni pukul 5.30 WIB. Kondisi Malang yang pada bulan ini juga masih cenderung dingin dan berrrtt..

Mandi selesai, lanjut Sholat subuh aktivitas rutin biasa lanjut untuk ke sekolah, beranggapan masih pagi saya menyantaikan diri dan berangkat pukul 6.10 WIB dan ternyata sudah banyak warga sekolah disana serasa melalaikan amanah dan tugas untuk menjaga piket.

Sampai disekolah pukul 6.15 WIB langsung parkir motor dan masuk ke bascam untuk mempersiapkan sebelum ke gerbang menyambut anak didik di SMP Negeri 15 Malang. Ini moment yang hati saya terketuk, lebih dari 100 siswa bersalaman sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada kami yang ada di tempat tugas PPL di SMP Negeri 15 Malang.

Benar-benar merasa bahagia pada awal piket saya, secara pribadi merasa terkesima. Disebelah saya ada bapak Edi yang juga guru SMP Negeri 15 Malang memegang matapelajaran PPKn sama dengan saya, kami bercakap dan berbincang-bincang seputar kehidupan pak Edi sebelum mengabdi di SMP Negeri 15 Malang. Saya bertanya banyak hal kepada Beliau, dan beliau menjawab semua pertanyaan saya dengan baik dan rendah hati. Pengabdian selama 8 tahun beliau ada di Sumatera pada tahun 1980an yang juga luluasan dari UM dulunya si IKIP Malang. Beliau lulus dari sana, dan hampir pensiun kurang 4 tahun. Kok bilang hampir itu masih lama heuheu.

Bernostalgia di sini dengan beliau membicarakan dosen yang pernah mendidik beliau seperti Bapak Winarno, Bapak Suko Wiyono, Bapak Yudi Batubara, dan Ibu Arbaiyah. Memang semua dosen itu senior di jurusan kami, dan saya akui kemampuan dan idealisme dari dosen jurusan kami berkualitas dan mantab dalam bidangnnya hhe. Pengaggum dan followers :D

Selesai pukul 6.45 WIB siswa didik masuk kedalam kelas, piket kami belum berhenti sampai sini, menjaga dan mengawasi peserta didik di kelas-kelas yang masih belum ada gurunya atau belum datang menjadi tugas awal kami. Sambil mendengarkan tartil dan qirohah surat pendek kami berjalan keliling kelas untuk melihat apakah kondisinya massive dan tenang. Menyuruh siswa yang berkeliaran di diluar kelas pula. Semangat dan Ikhlas menjalaini modal saya untuk terus kedepannya.

Selasa, 23 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar