Selasa, 28 Mei 2019

Menjaga Amarah di Bulan Ramadhan

Sebenarnya, saya sedang bingung untuk menuliskan sesuatu di blog ini. Pertama, kurang motivasi untuk menulis. Kedua, sudah mulai bosan dengan menulis.

Terlepas dari dua alasan di atas, rasanya saya punya tanggung jawab moril untuk terus mengisi tulisan di blog ini.

Rasa-rasanya, hampir di bulan Mei ini, tidak ada tulisan saya yang terbit. Mungkin tulisan yang dibaca, dan muncul inilah tulisan pertama di bulan Mei.

Karena tidak ada materi yang akan saya ceritakan, jadi membicarakan soal bulan ramadhan. Sebenarnya, bulan ramadhan tahun ini sama seperti bulan ramadhan yang lalu.

Sabtu, 13 April 2019

Uang Kebahagian Nyata

Siapa yang berani bilang, kalau uang bukan kebahagiaan buat kita?

Uang adalah uang, secara bentuk fisik tidak pernah ada perihal yang unik dari uang itu sendiri.

Bayangkan saja, berbentuk persegi panjangan, lengkap dengan gambar-gambar tokoh pahlawan bangsa dan negaranya, ditambah kode-kode unik dan pembeda, untuk membuktikan bahwa asli, dan tentu sebuah nominal. Secara kasat mata, itulah uang.

Mari, kita sejenak beranjak tentang kebahagian yang sebenarnya. Banyak diantara kita masih belum menemukan kebahagan itu secara inti. Entah karena macam-macam perkara dalam pikiran tiap-tiap manusia, ataupun anggapan tentang kebahagian yang nyaris sulit untuk terwujudkan.

Minggu, 07 April 2019

The Secret Of Angel

Bicara tentang komik, banyak diantara kalian yang suka komik dengan aliran atau gendre drama. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi, kenapa kita lebih suka dengan komik bergendre drama.

Sebelum masuk ke pembahasannya, kenapa saya bisa menyimpulkan bahwa komik bergendre drama lebih disukai? Karena di situs komik webtoon, komik paling populer adalah The Secret of Angel. 

Hingga saya berkesimpulan bahwa, rentan usia remaja adalah pembaca komik dengan aliran drama terbanyak. Inilah kenyataan yang bisa kita lihat bersama-sama. Dan ada beberapa macam alasan pribadi yang melatarbelakanginya, seperti berikut ini.

Beda Pilihan Itu Biasa

Pesta rakyat atau pemilihan umum adalah gelaran agenda 5 tahunan. Ya, Negara Indonesia yang kita cinta ini akan melaksankan hajat besar, berupa pemilihan langsung.

Dan tidak hanya pemilihan umum presiden dan wakil presiden, akan tetapi juga ada pemilihan legislatif.

Terkadang, banyak diantara masyarakat kita, rakyat Indonesia yang masih sering bingung dengan penentuan pilihan.

Terutama pada pemilih tua, karena preferensi pendidikan politik yang lemah, dan selain itu dari segi calon yang akan dipilih sedikit kurang dikenal. Terlebih untuk calon legislatif, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.


Sabtu, 06 April 2019

Komik itu Bernama Webtoon

Komik adalah cerita dengan gambar, yang mengisahkan beberapa macam peristiwa didalamnya. Biasanya, komik memiliki beberapa karakter disetiap serinya.

Siapa sih dari kita yang tidak kenal dengan komik? tentu asumsiku jatuh pada sebuah praduga awal, kalau kita tahu dengan komik.

Meskipun tidak membaca, setidaknya pernah melihat komik itu seperti apa? 

Dulu, jauh sebelum komunikasi internet berkembang pesat seperti sekarang, komik hanya bisa di nikmati dengan cara membeli buku komik. Yang artinya, kita perlu biaya lebih, hanya sekedar ingin tahun tentang seri dari episode yang kita sukai.

Jumat, 05 April 2019

Kimi Hime Sosok Sensasional

Youtube, kanal dari media berbagi vidieo internet yang sudah merajai dunia maya. Kalau kita mau lihat, youtube masuk ke dua deretan terbanyak untuk jumlah pengunjungnya.

Maka tidak heran, jika generasi muda saat ini lebih memilih nonton youtube dari pada televisi. Meski kanal hal yang berbeda, tapi youtube lebih memberikan tayangan menarik yang tidak ada di televisi.

Jika kita melihat televisi, maka ada banyak aturan pers yang mengatur, ada hukum jurnalistik, undang-undangnya, dan berbagai macam aturan. Dan ujungnya tiba pada sebuah simpulan untuk pemberedelan media konvensional itu sendiri, tapi dengan catatan: melanggar aturan-aturan pers dan kode etik jurnalistik.

Selasa, 02 April 2019

Pemilu Tahun 2019

Pemilu, kependekan dari pemilihan umum merupakan agenda wajib 5 tahunan yang di langsungkan Negara Indonesia. Sebagai akibat dari sistem demokrasi yang telah dipilih sebagai sistem politik Indonesia. Sehingga membuat setiap warganegara secara prosedural melaksanakan pesta pemilihan langsung.

Berbicara tentang demokrasi, sebenarnya tidak terukur hanya dalam satu variable yakni pemilihan umum. Tapi banyak variable lainnya, seperti misal: kebebasan berpendapat, mendirikan organisasi, berkumpul, perlindungan hak asasi manusia, dan sebagainya perihal yang masih relevan.

Merujuk dari perihal diatas, sehingga kita sebagai warganegara yang baik, musti sadar akan sistem politik Indonesia. Artinya, tidak lantas membuat steriotip buruk tentang politik, malah sebaliknya: belajar tentang pendidikan politik Indonesia.

Senin, 01 April 2019

Selangkah Lagi Lulus S2 PPKn UM

Melanjutkan studi ke jenjang magister adalah cita-citaku setelah lulus dari kuliah S1. Banyak hal yang sebenarnya melandasinya, mungkin di tulisanku terdahulu pernah aku tuliskan.

Rasa-rasanya waktu berjalan begitu cepatnya, seperti baru kemarin aku masuk kuliah di Universitas Negeri Malang (UM). Meski tergolong ke dalam jurusan yang baru, tapi peminat dari S2 PPKn terbilang banyak di minati.

Pasalnya, walaupun aku yang menjadi angkatan pertama, dan kemudian ada angkatan kedua dibawah ku, fakta membuktikan banyak peminat dari program studi S2 PPKn UM. Bisa di bilang, tidak jauh berbeda dengan angkatan kita yang pertama. Jumlah keseluruhan lebih dari 30 mahasiswa dari tiap angkatan

Jumat, 22 Maret 2019

Mencoba Aplikasi Kece, Free Download Manager

Internet sudah menjadi kebutuhan dari kehidupan manusia. Dimana pun dan kapan pun, rasa-rasanya kita tidak pernah terlepas dari internet.

Terlebih bagi anak muda di jenjang sekolah, mulai dari rentan usia sekolah menengah hingga atas. Fakta inilah yang sedang terjadi.

Terlebih munculnya revolusi industri 4.0, yang semuanya serba dilakukan dengan cara otomatisasi. Hampir segala macam sendi-sendi kehidupan kita, terbantu dengan yang namanya teknologi otomatisasi.

Manufaktur yang ada di berbagai macam bidang terhubung dengan internet. Dari sinilah kebaruan revolusi industri 4.0. Menjadikan kita lebih mudah, dan secara lebih cepat melakukan sesuatunya. Sebab di bantu dengan aplikasi, software, dan program-program tertentu yang mendorong kita lebih praktis dalam melakukan aktivitas.

Rabu, 23 Januari 2019

Masih Berani Pakai Ban Tidak Layak Pakai?

Cerita ini adalah pengalaman nyata. Dan beberapa hari yang lalu sempat saya alami. Hasilnya, kecelakaan. Hikmah dan pelajaran inti dari kecelakaan yang terjadi, adalah karena kelalaian dan kurang cek pada kondisi motor supra 125 X yang sedang saya gunakan. Padahal, dalam kondisi minus. Artinya, ada kekurangan, dan belum layak untuk digunakan. Apalagi perjalanan jauh, dengan berbagai medan juga cuaca ekstrem.

Kamis, 17 Januari 2019

Menulis Tanpa Arah

Ngerumat blog itu ibarat ngerumat kendaraan bermotor. Kenapa aku menganalogikan demikian? sebab, ada rasa mood-moodan. Terkadang banter banget untuk menulis --produktif gitu--, dan bahkan terkadang gak ada sama sekali tulisan yang akan di posting.

Emang sih, masalah besar dari diri ku adalah istiqomah. Mungkin hal ini juga kalian rasakan, lebih lagi tidak ada bayaran dari hasil tulisan kita. Kan cuman sekedar hobi, atau sekedar berbagi status di media sosial, cuman bedanya lebih panjang aja.

Rabu, 02 Januari 2019

Tulisan Pertamaku di Awal Tahun

Tahun baru, harus ada capaian baru dong. Ibarat kata warga.net adalah resolusi. Dan kenapa kita selalu dipusingkan dengan istilah tadi. Apa baiknya buat kita, dan apa buruknya buat kita.

Sekalipun tidak punya resolusi setiap tahun, tubuh kita tetap juga hidup. Selama tidak sakit, ya kenapa harus pusing dengan resolusi. Mending kita memandang ke depan, apa yang akan kita akan lakukan. Hemat begitu saja lebih baik.