Sabtu, 06 April 2019

Komik itu Bernama Webtoon

Komik adalah cerita dengan gambar, yang mengisahkan beberapa macam peristiwa didalamnya. Biasanya, komik memiliki beberapa karakter disetiap serinya.

Siapa sih dari kita yang tidak kenal dengan komik? tentu asumsiku jatuh pada sebuah praduga awal, kalau kita tahu dengan komik.

Meskipun tidak membaca, setidaknya pernah melihat komik itu seperti apa? 

Dulu, jauh sebelum komunikasi internet berkembang pesat seperti sekarang, komik hanya bisa di nikmati dengan cara membeli buku komik. Yang artinya, kita perlu biaya lebih, hanya sekedar ingin tahun tentang seri dari episode yang kita sukai.

Sekarang, komik pun mengalami perkembangan yang mengikuti perkembangan kemajuan tekonologi informasi. Terhitung sejak tahun 2011 yang lalu, pasar internet sudah mulai merebak luas hingga ke pelosok desa. Banyak peluang, tantangan, kekuatan, dan kelemahan akan adanya internet yang berkembang cepat.

Balik lagi ngomongi tentang komik. Komik merupakan media hiburan, dan tidak hanya dinikmati oleh satu generasi. Pembuatnya pun juga beragam, siapapun bisa berkonstribusi dengan media berupa komik ini. Dan bagi mereka yang gemar membuat komik disebut komikus. 

Sekarang, mereka bisa membuat komik dengan satu frame sederhana. Bisa pula dengan banyak frame, mudah saja: dengan memposting hasil karya komik dalam satu frame di media sosial yang bernama instagram.

Ngomongi komik itu bisa dinikmati dimana? sebenarnya, banyak website atau situs di internet yang berbagi komik secara gratis. Tinggal kita ingin mengikuti komik dengan seri apa? Dan kebanyakan, pembaca dari komik adalah mereka yang senang dengan animasi. 

Salah satu penyedia komik dengan berbagai macam topik seri pilihan didalamnya adalah webtoon. Bisa dibilang, webtoon adalah penyedia komik yang paling banyak dibaca. Review satu serial komik bisa tembuh hingga 99.999 +, itu artinya peminat dari satu serial saja mencapai lebih dari 100ribu pengulas.

Waw, lumayan banyak bukan? Webtoon sudah mulai aku baca tahun 2014, akan tetapi masih belum begitu intim dengan komik berbantu media layar kaca, baik hp ataupun komputer.

Sering dengan berjalannya waktu, lumayan bernilai sebenarnya, membaca komik di webtoon. Selain mudah diakses, kita tidak perlu repot-repot dengan mengeluarkan uang tambah hanya untuk menikmati komik kesukaan kita.

Webtoon menyediakan beberapa ganre komik yang sesuai minat kita, misal: drama, horor, komidi, romanic, fantasi, aksi, dan slice of life. Jadi, kamu anak yang suka berimajinasi? Maka, sering-sering membaca komik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar