Senin, 01 April 2019

Selangkah Lagi Lulus S2 PPKn UM

Melanjutkan studi ke jenjang magister adalah cita-citaku setelah lulus dari kuliah S1. Banyak hal yang sebenarnya melandasinya, mungkin di tulisanku terdahulu pernah aku tuliskan.

Rasa-rasanya waktu berjalan begitu cepatnya, seperti baru kemarin aku masuk kuliah di Universitas Negeri Malang (UM). Meski tergolong ke dalam jurusan yang baru, tapi peminat dari S2 PPKn terbilang banyak di minati.

Pasalnya, walaupun aku yang menjadi angkatan pertama, dan kemudian ada angkatan kedua dibawah ku, fakta membuktikan banyak peminat dari program studi S2 PPKn UM. Bisa di bilang, tidak jauh berbeda dengan angkatan kita yang pertama. Jumlah keseluruhan lebih dari 30 mahasiswa dari tiap angkatan

Memang rasa dilematis aku rasakan, dan mungkin dari sebagian teman-temanku juga merasakan hal yang serupa. Terlebih dengan belum diberikannya surat akreditasi terhadap program studi yang aku ambil.
Hanya sekedar isu, dan isu. Mulai dari visitasi, dan progress pengurusan akreditasi jurusan. Tapi bukti nyatanya masih belum muncul. Mungkin inilah yang menjadi kegalauan inti dari kita yang menjadi tumbal awal dari sebuah program studi di Pascasarjana Univeritas Negeri Malang (UM).

Menjadi mahasiswa tingkat akhir menjadi ancaman juga, dilematis ingin lekas lulus. Tapi di bayangi pula dengan ketidaan akreditasi, yang artinya kita yang akan lulus tidak layak untuk memnuhi standar yang telah di tentukan pemerintah.
Dan hal inilah yang menjadi sangat tidak menyenangkan. Meskipun terbilang dekat, selangkah lagi bisa menuju Magister, tapi kebimbanganku tetap berujung pada sebuah keraguaan untuk lekas lulus karena bayang-banyang cerita di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar