Senin, 04 November 2019

Kelasiswa adalah Kelas Online Untuk Siswa

Ngomongi soal pembelajaran, kelas, sekolah, dan kurikulum memang rumit. Yang dewasa ini lebih banyak dibebankan pada guru. Bayangi aja deh, hampir setiap waktunya, guru dituntut memberikan kebaruan dalam mengajar.

Eeeehhh, menguasi teknologi lah, menguasi kelas dengan baik, cara komunikasi yang mapan, dan segebok peer lainnya. Yang pada akhirnya, berpusat pada administrasi dari guru.



Alih-alih mengajar, beban yang diterima menjadi dua. Pertama, soal perangkat pembelajaran. Kedua, mengajar dikelas. Maka, jangan heran jika guru akan mengkorbankan salah satunya. Problematika yang begini ini, belum terpecahkan oleh pemangku kebijakan.

Peralihan dari digital administrasi menjadi sebuah keharusnya. Bukan berarti, guru malas belajar dan berkembangang maju. Namun, memberikan sentuhan inovasi dalam kelas. Sedikit saja tak apa-apa, sebab ada kebermaknaan dari setiap cara mengajar guru, apabila diberikan inovasi pembelajaran.

Selain itu, kepraktisan musti kita pikirkan pula. Mudahnya begini, segala sesuatu yang tersedia di dekat kita, dan dapat dengan mudah kita pergunakan, itu adalah sesuatu yang praktis. Nah, peluang inilah yang mustinya guru baca. Salah satunya adalah teknologi digital.

Keberadaan internet bukan barang baru lagi, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan usia tua pun dituntut untuk tahu tentang teknologi digital. Peluang ini akan menjadi menarik, apabila bisa dimanfaatkan dengan baik. Jadikan teknologi digital yang sangat dekat dengan kehidupan kita untuk menunjang pembelajaran.

Oleh karenanya, sebagai akademisi, saya mengajak pembaca yang sedang singgah di blog ini, untuk menyimak "Kelas Online Untuk Siswa". Dapat diakses melalui: https://www.kelasiswa.com

Spesifik pada model jigsaw berbasis proyek, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, keaktifan siswa, dan hasil belajar dalam mata pelajaran PPKn. Mari belajar bersama~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar