Rabu, 24 September 2014

Arahan Singkat dan Orientasi Awal Mahasiswa PPL

foto: istimewa menyampaikan arahan PPL

Koordinasi - Pada mulanya kami sebagai kelompok PPL di SMP Negeri 15 Malang melakukan aktivitas seperti biasanya. Bertepatan pada pukul 10.00 WIB hampir bersamaan dengan jam pergantian kami disuruh untuk berkumpul ada kegiatan dan penyampaian khusus dari koordinator Guru Pamong PPL yang ada di SMP Negeri 15 Malang. Menjadi tugas dan tanggungjawab dari beliau untuk membimbing anak-anak mahasiswa PPL yang sedang bertugas di tempat ini.

Beliau Bapak Gatot guru seni budaya sekaligus merangkap sebagai waka humas di SMP Negeri 15 Malang yang membantu kerja dari kepala sekolah yang akhir ini atau tepatnya hari pada tanggal 24 September 2014. Beliau menyampaikan seputar tata tertib dan gambaran umum apa yang harus dilakukan dari semua mahasiswa PPL di SMP Negeri 15 Malang yang meliputi:
1). Diharapkan mahasiswa PPL di SMP Negeri 15 Malang harus datang lebih awal dan kurang dari pukul 6.45 WIB. Karena sampai jam 7.00 WIB sekolah melakukan tartil quran dan pembacaan surat pendek secara rutin.
2). Bagi mahasiswa PPL di SMP Negeri 15 Malang yang kebetulan diamanahi piket wajib menyambut anak masuk di depan pintu gerbang sekolah pada pukul 6.00 WIB sampai dengan pukul 6.45 WIB selanjutnya mahasiswa PPL yang piket juga seluruh ruangan di sekolah apakah sudah ada gurunya atau belum, dan jika belum ada gurunya maka mahasiswa yang piket di sekolah harapanya menunggu sebentar hingga guru datang, dan apabila masih belum datang maka mahasiswa PPL yang piket pada hari itu melaporkan ke ruang piket guru bahwa ada tugas atau tidak dari guru yang bersangukat apabila ada maka mahasiswa PPL memberikan tugas kepada siswa yang kelasnya kosong.
3). Finger atau cap lock setiap hari pada saat datang dan pulang kesekolah juga di rangkap dengan absensi manual yang diberikan dari LP3M.
4). Jika ingin mendapatkan ijin atau tidak masuk kuliah, maka harus ada surat rekomendasi dari LP3M atas keperluannya apa di surat rekomendasinya.
5). Mengenakan pakaian yang sopan beretika dan mengenakan almamater sebagai simbol bahwa kita adalah mahasiswa PPL di SMP Negeri 15 Malang .
 6). Mahasiswa yang PPL di SMP Negeri 15 Malang harus wajib membantu dan turut ikut serta dalam semua kegiatan yang ada disekolah.
7). Sekian :D

Pesan dari Pak Gatot ini harus direkam dan jangan hanya diartikan hitam putihnya saja, akan tetapi kita maknai sebagai pembentukan karakter kita akan pentingnya kedisiplinan dan mempupuk mental sejak dini.

23 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar