Sabtu, 20 September 2014

Persiapan Praktik Pengalaman Lapangan

Pendidikan - Mata Kuliah yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa kependidikan dan non kependidikan tentang kegiatan riil di lapangan sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya. Secara teoritis berbunyi demikian yang dirujuk dari buku Pedoman yang ada di Kampus Universitas Negeri Malang (UM).

Mata Kuliah yang merupakan program wajib ini jelasnya memberikan sumbangsi yang begitu nyata bagi mahasiswa nantinya agar mampu memberikan wawasan mengenai pengalaman lapangan. Persiapan PPL sudah dilaksanakan jauh sebelum bulan September sekarang ini, pertama kali ada PPL Kampus pada awal bulan Ramadhan yang tujuannya memberikan kesiapan secara teori mengenai bidang kependidikan yang nantinya akan diajarkan pada peserta didik.

Mendapatkan gelombang ke-II bukan menjadi masalah bagi saya sebagai mahasiswa pengampuh matakuliah PPL tersebut. Dengan memilih di SMP Negeri 15 Malang sebagai tempat dimana saya mengembangkan wawasan dan pengalaman yang di dapatkan di bangku kuliah untuk langsung di berikan secara nyata kepada peserta didik. Pear Teaching dan berbagai macam materi dari kampus saat menempuh matakuliah KDM (Kemampuan Dasar Mengajar) akan benar diuji kelayakannya dengan siswa yang sesungguhnya.

Mental merupakan modal utama dari seorang pendidik, bilamana mental yang dimiliki sudah cukup baik, maka kecakapan dalam mengelolah kelas maka akan baik pula. Selebihnya bisa di pelajarin lagi. Mendidik bukan hanya sekadar mengajarkan pengetahuan saja kepada peserta didiknya, akan tetapi jauh lebih mendalam juga mengajarkan kepada peserta didik megenenai etika atau lazim disebut sikap. Seorang tenaga pendidik baik mengajarkan pengetahuan dan ilmu kepada peserta didik akan tetapi lebih tepat lagi memberikan pelajaran mengenai sikap dan moralitas. Kebanyakaan dari manusian modern kali ini mengabaikan sekali yang namanya sikap.

Pesiapan dibutuhkan seperti pada umumnya, secara rinci sudah sama halnya dengan pendidik pada wajarnya yang meliputi: Perangkat Mengajar, Media, dan Bahan Ajar yang nantinya digunakan. Di dalamnya jelas termuat RPP, Silabus, Prota, Promes, Juklak, Modul, dan Perangkat mengajar lainnya seperti spidol, bulpoin, etc.

Tampil prima di hadapan peserta didik agar nantinya berkesan benar dan serius dalam memberikan pembelajaran. Sebagai model dan tauladan, Pendidik harusnya sesuai dengan kode etik guru.
Senin, 22 September 2014 saya secara pribadi akan mencoba demikain. Semoga Allah mengijinkan yang terbaik. Amin.
Salam dari Ilham Sumarga yang hari ini berkumpul dengan teman PPL di SMP Negeri 15 Malang, meski kondisi yang memang cuman 8 anak yang datang. Tapi subtansi tetap dapat dari pertemuan tadi. Suskes buat PPL gelombang II 


Bersambung . . .  :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar