Senin, 22 September 2014

Sambutan Awal PPL SMP Negeri 15 Malang

PPL - Praktik Pengalaman Lapangan memang umum di dengar bagi kalangan mahasiswa yang mengambil matakuliah ini, dengan bobot 4-6 SKS didalamnya. Mengambil di SMP Negeri 15 Malang yang bertempat di bukit dieng dengan letak geografis perumahan mewah.

Perencanaan awal kami untuk pemberangkatan pada pukul 8.15 WIB berkumpul di depan pintu Terusan Surabaya Universitas Negeri Malang. Berangkat pertama dengan koordinasi lewat pesan singkat. Tak menunggu beberapa lama, kami langsung melangsungkan perjalanan dengan jumlah 12 anak, yang masih belum menghubungi dari mahasiswa sastra yakni seni rupa. Koordinator penghubung kami sempat kebingungan karena tidak ada komunikasi dengan meraka. Tanpa menunggu lama, perjalanan kami lakukan untuk langsung menuju ke SMP Negeri 15 Malang. Disambut dengan ramah disana, kami langsung melaksanakan pembukaan dalam nuansa yang harmonis.
 foto: kelompok PPL gelombang II

Ini wajah para guru pendidik di SMP Negeri 15 Malang yang nantinya akan memberikan dan berbagi pembelajaran dan bahan ajar kepada peserta didiknya. Kami terbagi menjadi 5 jurusan yang ada didalamnya, semua ada 3 mahasiswa. Sastra Inggris, Seni Rupa, Biologi, PPKn, dan PJK. Memang awal kami masih belum begitu mengenal dengan baik dengan mereka. Layaknya manusia pada wajarnya, kami berkenalan dan ngobrol dengan santai dengan mereka berbahas mengenai PPL dan sebagainya.

Acara penyambutan kami dimulai pada pukul 9 lebih, dengan dibuka oleh ketua tim PPL yang ada di SMP Negeri 15 Malang beliau bernama Bapak Gatot akrabnya, memberikan arahan dan evaluasi mengenai PPL yang telah dilakukan sebelumnya  yang fokus dan subtansi pembicaraan beliau bertumpu pada: 1). Sebagai mahasiswa yang mengikuti PPL ke II diharapkan berkomukasi dan berkoordinasi dengan yang gelombang ke I. 2). Peserta didik yang ada di sini itu banyak yang nakal jadi diharapkan agak lebih ekstra lagi. 3). Gunakan pendekatan yang baik terhadap siswa, pesiapkan mental.

Beliau memberikan pengarahan kepada kami tentang banyak hal yang penting dalam pelaksanaan teknis di PPL, yang mengevaluasi dari gelombang pertama, gambar disamping ini foto Bapak Gatot akrabnya, sebagai koordinator PPL di SMP Negeri 15 Malang dan merangkap sebagai humas di SMP Negeri 15 Malang.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMP Negeri 15 Malang, Bapak Drs. H. Dasuki, MM. secara garis besar dan subtansinya beliau menyampaikan profil dari sekolah SMP Negeri 15 Malang yang termasuk ke dalam sekolah adiwiyata.

Beliau memberikan gambaran mengenai kondisi  yang ada di daerah sekitar Bukit Dieng dimana sekolah SMP Negeri 15 Malang berada. Secara geografis letak dari SMP tersebut dikelilingi oleh bangunan bangunan mewah dan rumah rumah mewah. Hampir dari disekelilingnya dihuni oleh rumah rumah, hanya sebelah samping sekolah yang masih banyak pohon dan rencananya akan dipotong dan diratakan untuk pembangunan rumah.

Kondisi geografis jelas pula mempengeruhi anak didik yang ada disini, berbeda dengan di Klojen dan Lowokwaru yang anak didiknya memang unggul dalam keilmuannya. Disini, pendidiknya harus lebih ekstra karena banyak anak didik yang memiliki sifat beragam, ada yang bandel, ada yang sabar, ada yang ingin dilihat yang pada intinya ingin diperhatikan.

Sambutan selanjutnya oleh bapak Loga beliau dosen FIK UM, yang mengantarkan kami di tempat PPL SMP Negeri 15 Malang. Beliau menyampaikan berkaitan mengenai Program PPL dan pentingnya pendidikan dalam lingkungan kita. Tak jauh beda dengan pembicaraan awal, beliau lebih banyak bercerita mengenai Teori dan Pendidikan untuk prospek kedepam, seperti PPG untuk mereka yang melanjutkan, karena dirasa waktu 6 minggu sangatlah singkat dan masih kurang sekali pengalamnya. Beliau menyindir kami, baik PPL I ataupun PPL II kalian yang sudah selesai nampak bahagia, dan yang masih memulai cenderung dengan wajah yang suram menimbulkan banyak maksud dan makna, dalam ilmu psikologi atau kejiwaan sambil tertawa hhehe...

foto: Istimewa bapak Loga

Selanjutnya, acara pesan dan kesan dari mahasiswa PPL I untuk memberikan gambaran dan pengalamnya. 

Beliau berpesan untuk anak di SMP Negeri 15 Malang banyak sekali yang masih rame dari anaknya, jadi lebih dipersiapkan mental dan manajemen dari kalian. Utamanya suara, banyak yang dari mahasiswa PPL I tidak ada suaranya setalah proses KBM berlangsung.

Bersambung :))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar