Selasa, 31 Oktober 2017

Rekonstruksi Kurikulum PPKn Life Based Learning

source: google.com
Kali ini blog saya isi dengan tulisan ilmiah dan berbagi beberapa materi seminar yang saya ikuti, agar memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Sekedar sharing kepada teman-teman semuanya, bahwasanya pendidikan merupakan harapan masa depan sebuah bangsa negara. Sangatlah mustahil apabila ada sebuah negara bangsa yang maju tanpa di ikuti dengan pendidikan yang maju. Pendidikan disinilah yang menjembatani peradaban manusia. Terlebih saat ini kita semua menghadapi masa yang sulit, kenapa saya katakan demikian. Sebab sebagian masyarakat di generasi "melenia" lebih asik dengan ponselnya ketimbang interaksi sosialnya. Beberapa temuan fakta ini sudah kerap terjadi saat berkumpul di tempat-tempat umum. Banyak sekali temuan yang saya dapatkan, dikantor, sekolah, kampus, perpustakaan, dan tempat umum lainny. Aktifitas yang mereka lakukan hampir sama, menggunakan ponsel untuk mengisi waktu luang mereka.


Semoga sedikit pengantar diatas bisa memberikan wawasan agar merenungkan bersama. Balik kepada materi, life based learning atau berbasis kehidupan merupakan harapan kita bersama. Kenapa saya katakan demikian, sebab tidak ada yang menginginkan pendidikan dengan menggunakan konsep yang tidak berbasis kehidupan dalam hidupnya. Kehidupan yang dimaksudkan dalam pendidikan yakni yang memberikan harapan kepada masa depan bangsa. Merujuk pada alam, sehingga manusia mampu berkontemplasi.

Penjelasan lebih mendetail ada pada makalah yang disampaikan oleh dosen saya, Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si. yang teman-teman bisa unggah disini sebagai pelengkap tulisan dari blog saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar