Kamis, 30 Juli 2015

[Selangkah] Go to Sarjana

kartu peserta wisuda
Yuhu, saya mahasiswa akhir nih mau sedikit bercerita tentang pengalaman selama menjadi mahasiswa.

Serasa baru kemarin berada di tempat perantauan, padahal banyak perubahan yang terjadi disekitar. Kurang lebihnya selama empat tahun penuh saya menjalani proses menjadi mahasiswa. Banyak dinamika yang terjadi dan saya alami. Mulai dari bangku kuliah, tempat akademik, orang-orang intelektual, anak agamis dan bahkan ada yang liberal. Semua saya alamai selama menjadi mahasiswa.

Ada benarnya dari dosen saya yang mengatakan, bahwa pendidikan tinggi yang paling berkesan itu pendidikan di tingkat sarjana. Beliau berucap, kalau pendidikan satrata 2 dan 3 sudah beda lagi. Proses pergerakan, pakai baju yang sempat tidak dicuci, tidur di sembarang tempat, rambut gondrong, pacaran dan ngopi sampai pagi.
Mungkin bagi meraka yang masih belum menggeluti sebenarnya proses mahasiswa terkesannya aneh dan sangat bodoh tindakan yang dipilihnya. Akan tetapi bagi saya inilah sebuah pengalaman berharga yang mungkin tidak bisa terulang lagi. Kadang berfikir keinginan untuk sarjana lagi, tapi mungkin kalau usia yang sudah semakin menua tidak lagi membujuki.

Selang menjadi mahasiswa akhir, proses administrasi yang tertib saya lakukan. Dan sekarang, kurang sedikit lagi untuk menuntaskan tugas menuntut ilmunya. Semoga berkah dan barokah segala proses juga hasil selama diperkuliahan. Terucap terimakasih untuk perguruan tinggi negeri di malang, yakni Universitas Negeri Malang (UM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar