Rabu, 18 Maret 2015

Tuntas Sidang Skirpsi

jadwal ujiannya
Perlu kita sepahami bersama, bahawasanya perjuangan dan usaha manusia tidak akan beda dengan takdir dan hasil yang akan berbuah dari proses dan perjuanganya.

Proses penyelesaian skripsi untuk mendapatkan gelar Sarjana tidaklah semudah membuat makalah ataupun proposal kegiatan yang sedikit sudah mendapatkan ACC atau persetujuan dari dosen pembimbing atau dosen pengampuh mata kuliah. Proses yang terjadi atau dialami mahasiswa saat menghadapi skripsi sungguh banyak. Proses ujian sesungguhnya ada pada saat bimbingan setiap harinya dengan dosen pembimbing. Ujian batin dan ujian mental utamanya, tidak jarang saat konsultasi dengan pembimbing mendapatkan cacian dan makian, serta motivasi yang membangkitkan. Tapi semua yang dilakaukan itulah proses yang seharusnya dinikmati dalam setiap inchinya, di ingat dan di ingat sebagai memory bahwasanya perjuangan sungguh menuai hasil yang sepadan. Benar ucapan sebelumnya, saat saya masih belum mencapai level atas dalam status ke Mahasiswaan saya yang mengatakana bahwa dosen pembimbing memilki pengaruh terhadap kelulusan skripsi mahasiswanya, sebenarnya dari rank jika di berikan grade, itu cuma pada level 4 saja menurut hemat saya. Utama dari penggarapan dan penyelesaian skipsi itu ada pada setiap individunya, rasa malas utamanya, sering terjadi dalam individu yang asik dengan skirpisnya. Rasa malas datang dari segala penjuru, kadang titik jenuh saat berfikir untuk mengutarakan pendapatnya dalam bentuk tulisan ilmiahpun terjadi. Bagi saya pribadi, penelitian dari skripsi tidaklah berguna apabila data yang kalian peroleh itu tidak dituangkan dalam bentuk tulisan dan bahasa ilmiah. Jadi, setelah penelitian yang harus kalian lakukan para pejuang skripsi, tulislah hasil data datamu, itu bahan mentah yang harus disesuaikan dengan format ilmiah dalam keilmuah kalian. Doa, ingta terkesan sepele dan terdengar ungkapan pasrah dan menyerah apabila kita mendengar istilah doa. Beda, janganlah sungkan untuk meminta doa ke teman kalian sebagai wujud suport dan keistimewaan doa. Doa orang tua, dan doa pribadi utamanya. Urusan ilahi memang ada dalam dunia nyata, tidak menututupi kemungkinan kemudahan datang dengan iringan doa yang telah kalian pinta dan mohon kepada sang Ilahi. Percaya atau tidak? silakan, akan tetapi saya telah membutikannya.
Dan,, Alhamdulillah tepat pada hari senin 16 maret 2015 kemarin saya melaksanakan sidang untuk mempertanggungjawabkan skripsi yang saya buat ini. Tidak mudah dalam menyusunnya, banyak hambatan rintangan dan segala macamnya. Saat sidang, saya memang masih belum mengalaminya secara langsung, sehingga saya pun belum paham dan mengerti untuk jalannya acara dari sidang skripsi ini. Saya memulainya pada pukul 11.30 WIB. Dan ketiga dari penguji saya, alhamdulillah datang dan berkenan hadir semuanya. Proses sidang sangatlah singkat bagi saya, karena banyak presentasi dan jawaban yang di potong yang menurut saya pribadi ini perlu disampaikan, agar pemahamnya lebih sempurna. Awal memulai sidang, saya panik minta ampun, tidak seperti biasanya. Saya melakukan presentasi bisanya sangat percaya diri dan penuh rasa optimisme beda halnya kemarin yang sangat panik dan bingung dalam membawakannya. Tapi hal ini hanya terjadi dalam 15 menit awal saja, selepasnya percaya diri dan optimisme saya kembali membakar.
Sampai pukul 13.00 WIB pengumuman hasil dari sidangpun diumumkan, dari 3 tim dosen yakini Penguji Utama, Dr. H. Moh. Yudhi Batu Bara, S.H., M.H dan Pembimbing 1 Drs. Suwarno Winarni selanjutnya pembimbing 2 Siti Awaliyah, S.Pd., M. Hum memberikan hasil dari karya saya dengan predikat maksimal. Alhamduillah, senang mendengarnya. :D

berucap syukur
Begitu dulu perjalanan sidang skripsi, sebenarnya banyak ceritanya, tapi banyak juga yang saya sensor dan potong dari ceritanya, maaf berbaginya dikit saja :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar