Minggu, 22 Maret 2015

Candi Jabung Paiton Probolinggo

candi jabung
Candi dianggap sebagai tempat untuk bertapa, menyendiri dan pesan religius yang di dapatkan untuk selalu merenungkan kesalahan yang sudah terjadi. Fakta sejarah menjelaskan, bahwasanya candi Jabung merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah dari kerajaan majapahit yang sempat hidup dan tinggal di Probolinggo tepatnya di kawasan Paiton.

Candi jabung merupakan candi kecil yang ukuruannya 35x40 meter dengan bahan dari batu bata yang ditumpuk tanpa adanya semen yang melekatkan antara satu bata dengan bata yang lainnya, mendapatkan hasil nila estetika. Candi jabung didirikan pada tahun 1276 C (saka) atau sekitar tahun 1354 masehi. Pemeluk agama masyarakat pada masa kejayaan majapahit yakni Hindu Budha.


Akses untuk ke candi Jabung tergolong  mudah, bisa dilalui dengan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Biaya yang dibutukan untuk masuk ke candi tergolong bersahabat, masih gratis dan belum ada yang mengelolah dari Dinas Budaya dan Pariwisata yang digunakan sebagai cagar budaya dan tempat untuk wisata. Apabila berada di Probolinggo bagian ujung timur, sempatkan untuk mampir dan mengambil gambar di Candi Jabung. Enjoy This!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar