Kamis, 16 Oktober 2014

Menjadi Observer pada Mapel PPKn

Observer - Ceritanya saya masih baru sempat online, pelaksanaan lesson studi di SMP Negeri 15 Malang sudah mulai berlangsung sejak senin lalu, tapi saya masih belum sempat untuk menceritakan hasil saya dalam bentuk tulisan saat menjadi observer.

Mulai cerita awalnya saya piket pagi, karena mendapatkan mandat setiap hari selasa ditugaskan untuk piket. Selesai piket saya sempatkan untuk menjaga sejenak di kelas 8C melihat kondisi dan menjaga imtaq siswa setiap paginya, rutin. Tepat pukul tujuh, saya meninggalkan kelas 8C dan bertemu dengan pak gatot, dan sempat keceplosan dan salah ngomong deh, saya malah menyuruh tapi dalam bahasa halus kepada pak gatot, saya bilang pak minta tolong dijagain kelasnya, saya masih ada LS dari teman mahasiswa. Dan malah pak gatot bilang ke saya, iya lalu sambil membuka catatan, saya minta tolong bagi kasih tau temannya kalau ada yang kosong tolong di isi kelas 7C, 7D dan 7E karena masih blum ada gurunya. Wadah :D langsung bergegas dan bilang oke pak, saya kasih tahukan. Langsung menuju ke bascam PPL saya bertemu pak arif yang ada disana, lalu pak arif bilang pak ilham, sampean dicari bu nova, jadi observer katanya. Dan langsung saya membawa kamera dan juga kelengkapan yang dibutuhkan untuk menjadi observer.

Dan setelah masuk ke kelas 7A, kelas di mana bu Nova melakukan LS di kelas ini. Mendapati kondisi yang sangat aktif dan produktif sekali. Ketika dirangsang sedikit siswanya sudah mulai mersepon dan menanggapi semua penjelasan dan pembicaan dari guru, nah, dari sini saya mulai ada rasa iri dan sakit itu disini. Kok berbeda sekali dengan kondisi yang saya rasakan pada kelas 8 yang kondisinya sangat ramai, khusus kelas yang saya bimbing, yakni kelas 8F, 8G dan 8H

Secara keseleuruhan tidak ada komentar yang begitu, yang jelas secara keseluruhan sudah baik. Sebagai observer hanya satu catatan dari saya, untuk materi bu Nova harapnya butuh tambahan dan banyak membaca. Karena kondisi siswa yang sangat produktif sehingga malah lebih enak dalam kegiatan balajar mengajar dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar